Tabe & Salam Pariwisata bagi Para Pencinta-Pemerhati Pariwisata Indonesia.

SELAMAT DATANG DI WEBlog BORNEO TOURISM WATCH

Melalui media Borneo Tourism Watch (BTW) ini, kami ingin berbagi pengalaman, pandangan dan opini akan tumbuh kembangnya pembangunan pariwisata di Indonesia, khususnya Kalimantan.

Kalimantan tidak hanya dimiliki oleh negara Indonesia, namun berbagi tempat dengan Malaysia dan Brunai Darussalam. Tentu saja bila dikaitkan dengan potensi dan sumber daya pariwisatanya, sedikit banyak memiliki kemiripan. Oleh karenanya perlu strategi khusus dalam memikirkan dan mengembangkan Pariwisata Kalimantan.

Bila ditilik lebih jauh, luasan serta kekayaan pariwisata & kebudayaan yang dimiliki oleh ke-4 propinsi di pulau ‘Borneo” ini, jauh lebih besar dan menarik dibandingkan negara tetangganya.

Wonderful Kahayan Bridge by HeliAgus

Wonderful Kahayan Bridge by HeliAgus

Namun fakta berbicara lain.

Pariwisata belum menjadi ‘mover factor’ atau faktor penggerak perekonomian lokal. Walaupun organisasi pariwisata dunia yakni WTO sudah puluhan tahun lalu memperkirakan bahwa pemanfaatan pariwisata yang bersifat ‘sustainable’ akan menjadi sektor andalan utama negara-negara di dunia sebagai pengganti sektor industri migas yang ke depan akan surut karena sifatnya yang habis pakai.

Karenanya, sebagai persiapan menuju Pariwisata Kalimantan yang ‘avant garde’, perlu kiranya dibangun pondasi pemikiran akan perencanaan dan faktor-faktor penunjang pembangunan pariwisata di Indonesia, khususnya Kalimantan.

Artikel-artikel & editing foto yang ditampilkan merupakan buah pikir & karya dari Rio Setiawan Migang. Pendiri dari Jakarta Arsimedik Studio (JAS studio) yang memandu secara khusus website open source ini.

Tanggapan & kritik sangat kami harapkan. Kutipan terhadap isi dari opini dalam artikel ini harus Seizin/Sepengetahuan Admin dan mencantumkan Nama Penulis serta sumbernya dengan jelas.

Selamat Berapresiasi!
Salam.

Rio S.Migang, ST.,MSc

2 Responses to “Mengenai BTW”


  1. Selamat untuk Borneo Tourism Watch. Semoga setiap pengunjung situs blog ini bisa tergugah untuk turut mendukung perkembangan pariwisata Kalimantan, umumnya di Indonesia.

  2. MP Says:

    Informatif n inovatif.
    Sayang bile ide-idenya tidak terealisasikan mas.
    By de way..Congratz to BTW!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s